Harga Emas Bergerak Stagnan

Harga Emas Bergerak Stagnan

Diperbarui • 2020-08-25

Pergerakan pair XAUUSD pada pekan ini bergerak dalam fase sideways

Nilai harga emas pada awal bulan agustus lalu sempat mengalami penguatan bahkan menyentuh level tertinggi sepanjang masa di level harga $2074/troy ounce. Menguatnya harga emas secara drastis tersebut terjadi akibat dari penambahan jumlah kasus positif penderita virus covid 19 di dunia yang saat ini menyentuh level 23,8 juta orang terjangkit dan mencatatkan lebih dari 817 ribu kematian.

Kondisi tersebut menjadikan berbagai bank sentral terutama Bank Sentral Amerika The Fed mempertahankan tingkat suku bunga rendah dan juga memberi stimulus moneter ke pasar untuk membantu memulihkan perekonomian Amerika yang terdampak pandemi virus covid 19. Kondisi ini pun menjadikan index USD melemah tajam hingga menyentuh level terendah di level 92,1. 

Namun kini emas kembali dalam tekanan turun yang kuat, pengumuman tentang perkembangan vaksin virus covid menjadikan seluruh dunia optimis akan kehadiran vaksin penyembuh dari pandemi virus covid 19, Emas yang merupakan salah satu aset safe haven pun terkena imbasnya dan jatuh dalam hingga kembali menyentuh level $1863/troy ounce.

Meski sempat tertekan cukup dalam, emas kembali bangkit dan menyentuh level $2015/troy ounce, namun tidak berselang lama harga emas kembali turun dibawah level $2000/troy ounce dan kini bertengger di level $1935/troy ounce. Kisruh anggaran stimulus covid Amerika yang belum disepakati antara partai Demokrat dan Republik menjadi salah satu faktor utama melemahnya nilai harga emas.

Meskipun tertekan turun, emas masih tetap memiliki peluang naik pada pekan ini, selain masih tetap bertahan diatas level support kuat di harga $1916 yang merupakan harga tertinggi pada tahun 2011, masalah resesi global dapat menjadikan harga emas kembali naik sebagi aset lindung nilai pada saat terjadinya krisis. 

Analisa Teknikal

Kini Emas bergerak sideways dengan kecenderungan koreksi naik pada perdagangan pekan ini. Terdapat sebuah pola segitiga yang terbentuk pada timeframe H4, selain itu terdapat beberapa indikasi dari peluang naiknya harga emas hari ini, diantaranya:

  • Titik Indikator Parabolic SAR masih bertahan dibawah candle H4 
  • Pergerakan Candle H4 masih bertahan diatas garis moving average 200 
  • Indikator stokastik berpeluang cross ke atas
  • Histogram indikator MACD telah berada diatas garis signal line

Indikasi: Bullish

Apabila pergerakan candle emas pada timeframe H4 mampu menembus ke atas pola segitiga maka dalam jangka panjang Emas kembali berpeluang menguat ke level $2008/Troy ounce

Namun jika pergerakan emas menembus ke bawah pola segitiga maka Emas dapat kembali mengincar level support sebelumnya di harga $1880/ troy ounce

Grafik Emas Timeframe H4

XAUUSDH4 25 agt.png

Note: Harap berhati-hati dalam bertransaksi, harga dapat berubah sewaktu-waktu tergantung dari perubahan fundamental ekonomi dan kondisi geopilitik dunia, gunakan money management yang baik, overlot dan overtrade merupakan penyebab tingginya resiko dalam bertransaksi.

TRADE NOW

Menyerupai

Index USD Melemah Jelang NFP Besok
Index USD Melemah Jelang NFP Besok

Pergerakan grafik nilai Index USD kembali berada dalam fase turun pada pekan ini Kembali melemahnya index USD terjadi akibat beberapa faktor diantaranya adalah akibat dari pernyataan pimpinan The Fed pada pidatonya pekan lalu yang mengatakan "program…

Kenaikan Harga Emas Dijegal Semesta
Kenaikan Harga Emas Dijegal Semesta

Pergerakan trend naik harga emas kembali mengalami hambatan pada pekan ini Harga emas dunia sebenarnya masih berada dalam trend naik dan berpotensi kembali menguat, namun bagai dijegal semesta, penguatan tersebut kembali terhalang akibat market masih…

Berita terbaru

Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?
Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?

XAUUSD naik ke rekor tertinggi baru pada perdagangan Senin (01/04/2024), di tengah meningkatnya spekulasi penurunan suku bunga..melanjutkan kenaikan kuat minggu lalu hingga membentuk level puncak baru sepanjang masa

Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152
Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152

Pasar saham Asia sebagian masih libur dan sebagian lagi menguat pada perdagangan Senin (01/04/2024), karena optimisme data pabrikan Tiongkok mendukung..potensi intervensi otoritas Jepang terhadap yen Jepang diperkirakan berada di zona 152 – 155 yen. 

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera